Senin, 28 Oktober 2013

Asterisk adalah software IP IPX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Asterisk adalah software Open Source yang berjalan di Linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).


Untuk Anda yang baru mulai belajar VoIP, Asterisk bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah server VoIP sederhana. Tutorial berikut akan membahas bagaimana membuat sebuah VoIP server untuk jaringan LAN. Saya menggunakan Asterisk sebagai VoIP servernya. Untuk membuatnya minimal diperlukan sebuah PC Linux pada gambar topologi Server VoIP, koneksi LAN, dan bisa juga koneksi Internet. Berikut adalah cara-caranya :

#sudo apt-get install asterisk

Jika sudah selesai terinstall, topologi LAN yang saya gunakan adalah seperti ini (di setting dalam 1 kelas IP Addressnya)


Selanjutnya konfigurasi file sip.conf

#pico /etc/asterisk/sip.conf

Kemudian tambahkan perintah berikut di bagian akhir file :

[1001]
type=friend
context=coba
username=1001
secret=1001 (misal passwordnya)
host=dynamic

[1002]
type=friend
context=coba
username=1002
secret=1002
host=dynamic

Selanjutnya konfigurasi file extensions.conf

#pico /etc/asterisk/extensions.conf

kemudian ketikkan baris berikut pada bagian akhir file :

[coba]
exten => 1001,1,Dial(SIP/1001)
exten => 1002,1,Dial(SIP/1002)

Perintah berikut digunakan untuk meregistrasikan user dengan nomor 1001 dan 1002 dan seterusnya jika ingin menambahkan. Protokol signaling yang digunakan untuk panggilan tersebut yaitu SIP.

Selanjutnya restart Asterisknya

#asterisk -rx "reload"

Untuk selanjutnya di client dibutuhkan softphone untuk call/listen dan software Ekiga atau X-Lite. Pada software nya cukup di setting SIP akun nya dengan username 1001 atau 1002 dan seterusnya, password, serta alamat IP atau domain dimana Asterisk di install. 


Semoga Bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar