Minggu, 20 April 2014

Untuk menjadikannya sebagai tempat boot berbagai OS, atau yang sering disebut sebagai multiboot. Untuk membuat multiboot dalam 1 buah USB flashdisk di Ubuntu, kita dapat menggunakan aplikasi Multisystem. Untuk instalasi Multisystem di Ubuntu, berikut cara-caranya :

1. Download terlebih dahulu file installernya disini.

2. Buka dan ekstraklah file install-depot-multisystem.sh.tar.bz2 yang barusan kalian download hingga kalian mendapatkan satu file bernama install-depot-multisystem.sh.

3. Berikan hak executable dan jalankan file tersebut :

$ chmod +x /letakfile/install-depot-multisystem.sh
$ ./letakfile/install-depot-multisystem.sh


4. Jika diminta untuk memasukkan password, isikan saja password kalian. Kemudian tunggu hingga proses instalasi multisystem selesai.


5. Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi Multisystem melalui Dash Home :


6. Pastikan USB Flashdisk kalian sudah di format dan menggunakan filesystem fat32. Jika dilakukan dengan benar, maka nanti flashdisk kalian akan terbaca seperti ini :


Pilihlah Flashdisk kalian, kemudian klik Confirm

7. Untuk membuat installer baru, silahkan klik tanda yang saya arahkan dengan mouse saya (lihat gambar dibawah), lalu pilihlah file iso kalian :


8. Jika diminta memasukkan password, silahkan isikan saja. Kemudian tunggu hingga proses pembuatan installer selesai.


9. Untuk membuat installer-installer lainnya, caranya sama saja. Tinggal lakukan berulang kali.


10. Kalian bisa mengetes installer kalian ini sudah berjalan dengan baik atau belum dengan mengklik menu Boot >Test your liveUSB in qemu



Semoga bermanfaat :)

0 comments:

Posting Komentar